April 19, 2012

Menjelajahi Internet


Pasti kalian-kalian sudah enggak asing lagi kan sama yang namanya internet,, mungkin kalian tahu internet itu yang kayak “gitu”, tapi apa kalian tau apa sebenarnya arti kata internet itu sendiri di dunia pendidikan atau di dunia formal. Mari kita ulas apa itu INTERNET!!!

Internet, kata yang mempunyai kepanjangan (Interconnected-Network) itu… adalah
sekumpulan jaringan computer yang bisa membuka berbagai macam situs di dunia, seperti facebook, twitter, skype, google, Wikipedia, hingga blogger, dan situs-situs lain yang masih sebangsa setanah air. Internet ini menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pelanggannya di seluruh jagad raya ini.

Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan
suatu set protocol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan computer dan dan mengamati setiap lalu lintas data dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error-handling), lalu lintas pesan, dll. Protokol ini disebut TCP/IP (Transmission Control Protokol/ Internet Protokol). Protokol ini mempunyai kemampuan untuk bekerja pada segala jenis computer apapun tanpa menganak tirikannya. Hehehe…

Pasti internet mempunyai kelebuhan donk, kalau enggak kan gak mungkin banyak jutaan jiwa yang menggunakannya, naah… ini adalah beberapa keungulannya :
  •  Komuniksi murah
  • Sumber informasi besar
  •  Tantangan baru untuk bersama
  • Keterbukaan “tanpa sensor”
  •  Jangkauan tidak terbatas

Gunanya internet… itu…
  •  Sebagai media komunikasi. Jadi bagi pasangan-pasangan yang pacaran jarak jauh, udah enggak galau-galauan lagi, kan ada media jejaring social, buat komunikasi sama do’i.
  • Sebagai media promosi. Jaman sekarang udah gak susah payah lagi buat berjualan. Tinggal foto dagangan/barang yang mau dijual, terus upload gambar beserta deskripsinya ke intenet. Jadi deeeh…
  • Sebagai komunikasi interaktif. Bisa dapet kenalan baru lewat Internet Relay Chatting, kirim puisi cinta lewat Email, sampai ngedate jarak jauh pakai Internet Relay Cha
  • Sebagai alat research and development. Kita bisa cari apaaa aja di layanan yang namanya Internet
  •  Dan internet juga sebagai media pertukaran data
Sejarahnya Internet lahir ke dunia ini…
Sebelum internet ada, ARPAnet (US Defense Advance Research Projects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969 membuat jaringan computer yang tersebar  untuk menghindarkan terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perangdapat mudah dihancurkan. Setelah itu Internet digunakan oleh kalangan akademis (UCLA) untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Dan baru setelah itu Pemerintah Amerika Serikat memberikan ijin kea rah komersial pada awal tahun 1990. Panjang juga yaaa…

Kalau udah lahir, pasti tumbuh dan berkembang donk… seperti kita-kita, internet juga mengalami pertumbuhan teman…
  •  3 juta host sudah terkoneksi diakhir tahun 1994
  •  Populasi 30 juta pengguna (1995)
  • Pertumbuan 10% tiap bulan
  • 100 juta  pengguna pada tahun 1998, diperkirakan tahun 2010 semua orang akan terhubung ke internet
  • Email rekomendasi 75% hubungan bisnis
Selain sekolah.... ternyata internet juga mempunyai tata tertib lho...
Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket.
Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE). Terdapat kebimbangan masyarakat tentang Internet yang berpuncak pada beberapa bahan kontroversi di dalamnya. Pelanggaran hak cipta,pornografipencurian identitas, dan pernyataan kebencian (hate speech), adalah biasa dan sulit dijaga. Hingga tahun 2007, Indonesia masih belum memiliki Cyberlaw, padahal draft akademis RUU Cyberlaw sudah dibahas sejak tahun 2000 oleh Ditjen Postel dan Deperindag. UU yang masih ada kaitannya dengan teknologi informasi dan telekomunikasi adalah UU Telekomunikasi tahun 1999.
Internet juga disalahkan oleh sebagian orang karena dianggap menjadi sebab kematian. Brandon Vedas meninggal dunia akibat pemakaian narkotik yang melampaui batas dengan semangat dari teman-teman chatting IRCnya. Shawn Woolley bunuh diri karena ketagihan dengan permainan online, Everquest. Brandes ditikam bunuh, dan dimakan oleh Armin Meiwes setelah menjawab iklan dalam Internet.
Tokoh-tokoh yang berjasa dalam internet itu...

Ternyata sangat banyak yang bisa kita pelajari dari internet secara mendetail, ini saja baru sebagian besar, apalagi kalau sampai detail... yang penting, apabila kita menggunakan internet, gunakanlah dengan sewajarnya, jangan buat yang aneh-aneh yaaa... karna itu juga bakal merugikan diri kamu sendiri... jadi, internet itu buat belajar, bukan buat mengahajar... maksudnya, menghajar moral dan jiwa penggunanya jadi jelek... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar